RSS

Robot Kubus

Robot Kubus
Berkembangnya teknologi saat ini sudah berkembang sangat pesat. Mulai abad 20 telah banyak penemuan-penemuan yang telah ditemukan di bidang teknologi untuk kehidupan manusia agar lebih  mudah. Banyak penemuan-penemuan yang tak terduga dan bahkan menjadi hal yang mustahil untuk ditemukan berhasil diciptakan. Semua itu berkat kekuatan sains yang diberikan oleh Sang Pencipta kepada manusia. Penemuan teknologi terbaru di bidang Elektronika dan Robotika adalah sebuah kubus yang dapat bergerak dengan sendirinya, dapat berjalan layaknya roda berputar dan dapat berdiri dengan seimbang di salah satu sudutnya. Sebuah penemuan dengan perhitungan matematis yang sangat rumit dan diterapkan secara elektronik dan mekanik.

Kubus unik ini dapat digolongkan sebagai robot karena dapat bergerak secara otomatis dan pergerakannya diatur secara elektronik yang diprogram sebagai Artificial Intelligent pada robot tersebut. Secara spesifik kubus ini terdiri dari rangka yang terbuat dari aluminium dengan panjang sisi rangkanya 15 cm. Di dalam kubus ini terdapat 3 roda yang dapat berputar pada 3 sisi kubus. Melalui konfigurasi tersebut, maka kubus ini dapat berpindah dengan membalikkan sisinya. Perputaran dari 3 roda yang terdapat di dalam kubus tersebut di atur secara elektronik dan itulah yang mempengaruhi pergerakan dan keseimbangan kubus. Secara sederhana konsep yang digunakan adalah pengaruh fisika yaitu momen inersia yang telah dihitung lengkap secara matematis untuk pengaruhnya kepada kubus..


Prinsip Kerja Robot Kubus

Robot ini dimulai dengan ide sederhana , sebuah kubus yang terdiri dari sisi berukuran 15 cm yang bisa melompat, berdiri dengan salah satu sudutnya, dan berjalan secara otomatis dengan menggunakan motor, baterai, dan komponen elektronik. Secara teori yang digunakan adalah momen inersia yang terjadi pada perputaran dari ketiga roda yang ada dalam kubus. Pertama kali roda-roda momentum akan berputar secara kencang dan kemudian dalam beberapa detik akan direm sehingga roda berhenti berputar, dari kejadian tersebut, terdapat energi pada roda momentum yang berputar dan kemudian berpindah, ketika roda momentum itu direm untuk berhenti berputar. 

Melalui perhitungan dan analisis secara matematis dari desain kubus ini, maka hal tersebut bukan mustahil terjadi, perhitungan tersebut menggunakan teori fisika yaitu momen inersia yang kemudian digabungkan dalam bentuk kubus dan 3 buah roda momentum. Dari desain tersebut, kemudian dihitung secara matematis terhadap gaya dan energi yang terjadi. Dari percobaan tentang gaya dan energi yang terjadi, maka hasil perhitungan tersebut dicatat dan diprogram ke sebuah prosesor yang tertanam pada kubus. juga tidak lupa sensor aaccelerometer dipasang di setiap sisi kubus untuk mengukur keseimbangan dalam kubus.

Sumber:
http://portal.paseban.com/popular_science/143222/penemuan-teknologi-terbaru  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

quanelleoblak mengatakan...

titanium bong | Tithuan-Dong
The classic 2019 ford edge titanium for sale poker table with titanium automatic watch two spade slots, the classic 3-deck version is ford edge titanium for sale the best one out there on titanium bars the market. The mens titanium earrings original Poker hand-selected

Posting Komentar